Strategi Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Pembelajaran Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini melaporkan studi kualitatif pembelajaran agama Katolik berbasis online pada masa pandemi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kajian tentang pembelajaran online sebenarnya sudah banyak dilakukan, namun khususnya pada pembelajaran agama Katolik, tampaknya masih jarang. Perkembangan hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan guru agama Katolik tentang pola pembelajaran di sekolahnya. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan kualitatif untuk memungkinkan pengumpulan data deskriptif yang substansial menjadi dasar perancangan kerangka konseptual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan baik, dengan strategi mengintegrasikan pembelajaran dan dukungan yaitu sekolah, guru, dan orang tua. Guru menerapkan pengalaman belajar dan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran agama Katolik bagi siswa selama masa pandemi COVID-19. Melalui integrasi ini, siswa dapat mencapai pengalaman moral dan spiritual Katolik yang esensial. Siswa memperoleh pengalaman positif dan bermakna tentang kehidupan keluarga, terutama melalui pengalaman belajar bersama orang tua atau walinya.