Pewartaan Iman di Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap OMK Pasca Pandemi

Abstract

Pandemi virus korona dan kemajuan teknologi komunikasi adalah realitas baru yang harus dihadapi Gereja masa kini. Tugas pewartaan dan usaha mewariskan iman dan nilai-nilai injil kepada kaum muda sangat terpengaruh oleh perubahan tersebut. Tulisan ini hendak memberikan gambaran tentang kaum muda katolik sekarang ini dan realitasnya untuk memberikan sumbangan dalam karya pewartaan Gereja kepada kaum muda. Penelitian dilakukan dengan dengan pendekatan kualitatif dengan kuisioner dan dengan metode analisis deskriptif. Penulis menemukan bahwa pewartaan iman kepada kaum muda melalui kegiatan komunitas kepemudaan seperti Orang Muda Katolik dan melalui media sosial sangat kontekstual dengan kehidupan kaum muda.  Melalui kegiatan kepemudaan, iman disampaikan dengan cara yang sesuai dengan ajaran Gereja dan kontekstual dengan hidup kaum muda yang dinamis. Gereja juga sangat mendukung pewartaan iman melalui media seperti media sosial sebagai cara evangelisasi baru. Media sosial adalah bagian dari hidup kaum muda katolik masa kini. Kaum religius juga berkontribusi dalam penyebaran nilai-nilai kristiani melalui media sosial untuk kaum muda.