PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL SISWA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banyuasin III dan (2)  mengathui gambaran tingkat kemandirian belajar serta (3) mengetahui gambaran komptensi literasi digital siswa dalam pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19.  Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasi penelitian yaitu peserta didik SMA Negeri 12 Banyuasin III dengan sampel penelitian yaitu  peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Banyuasin III berjumlah 83 peserta didik yang diperoleh melalui teknik pusrposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara dan soal tes literasi digital. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran selama pandemi di SMA Negeri 12 Banyuasin III dilakukan dengan bantuan aplikasi pembelajaran Google Classroom, Google meet/Zoom Meeting, Quizizz, Youtube. (2) gambaran tingkat kemandirian belajar siswa Selama pembelajaran daring, menunjukan Siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang kuat. Berdasarkan dari hasil analisis persentase setiap indikator kemandirian belajar siswa, rata-rata persentase keseluruhan indikator sebesar 78,2 %. (3) komptensi literasi digital Siswa berdasarkan hasil analisis angket, persentase setiap indikator literasi digital siswa sebesar 71,5 %. Hasil uji tes soal literasi digital sebesar 76 %. Hal ini menunjukkan bahwa indikator literasi digital siswa berada pada kategori tinggi.