Pengaruh Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik SMA Negeri 10 Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) rancangan program Adiwiyata, 2) implementasi program Adiwiyata, dan 3) pengaruh implementasi program Adiwiyata terhadap literasi lingkungan peserta didik di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik SMA Negeri 10 Yogyakarta. Kemudian, diperoleh 80 sampel dengan Proportionate Stratified Random Sampling dari kelas X MIPA 2, XI MIPA 1, XII MIPA 4. Data juga diperoleh dari Kepala Sekolah, Koordinator Program Adiwiyata, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis data Miles dan Huberman serta teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SMA Negeri 10 Yogyakarta telah menyusun rencana pelaksanaan program Adiwiyata melalui tahap demi tahap dengan baik hingga tersusunnya RGPBLHS, 2) Seluruh komponen program Adiwiyata telah berhasil diimplementasikan, 3) Program Adiwiyata yang dilaksanakan telah mampu memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan literasi lingkungan peserta didik. Rata-rata hasil literasi lingkungan peserta didik sebesar 72,20% dalam kategori baik.