PERSEPSI PESERTA DIDIK DAN GURU BIOLOGI SMA DI KABUPATEN KLATEN TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI
Abstract
Sekolah menengah atas di Kabupaten Klaten mengadakan pembelajaran daring biologi selama pandemi COVID-19, namun karena program pembelajaran tersebut cenderung baru maka perlu evaluasi yang didasarkan dari sudut pandang atau persepsi subyek pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi peserta didik jurusan MIPA dan guru biologi di SMA wilayah Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan instrumen penelitian berupa angket model skala Likert. Persepsi peserta didik dan guru diamati berdasarkan tiga indikator yaitu penerimaan, pemahaman, dan penilaian terhadap pembelajaran daring biologi. Subjek penelitian adalah peserta didik dan guru biologi di SMAN 1 Cawas, SMAN 1 Ceper, dan SMAN 3 Klaten sejumlah 365 peserta didik dan 10 guru. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif di mana hasil diambil dari nilai rerata setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik jurusan MIPA di ketiga SMA tersebut positif dengan skor 3,5359; sedangkan keseluruhan persepsi guru biologi di ketiga SMA tersebut positif dengan skor rerata 3,6059. Peserta didik dan guru biologi masing-masing sekolah memiliki persepsi yang cenderung positif terhadap pembelajaran biologi, kecuali peserta didik SMA Negeri 1 Ceper yang memiliki persepsi cenderung netral.