PENGEMBANGAN VLab UJI ZAT MAKANAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) untuk mengembangkan prototipe aplikasi media Virtual Laboratory Uji Zat Makanan, (2) mengetahui kelayakan dari media Virtual Laboratory Uji Zat Makanan dengan model pembelajaran discovery learning sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa SMA kelas XI IPA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang hanya dilakukan sampai tahap Development (ADD). Subjek dalam penelitian ini ialah dua ahli materi, dua ahli media, dua guru Biologi SMA, dan 28 siswa SMA kelas XI IPA. Pengumpulan data menggunakan instrumen review berupa angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi Virtual Laboratory Uji Zat Makanan untuk siswa SMA kelas XI IPA pada materi pokok sistem pencernaani. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi, serta tanggapan dari 28 siswa aplikasi Virtual Laboratory Uji Zat Makanan memenuhi kriteria minimal baik sehingga dapat dinyatakan layak untuk dikembangkan lebih lanjut.