ANALISIS PENGGUNAAN GAMES EDUKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 11 PEKANBARU

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan games aplikasi berbasis  android dalam pembelajaran biologi siswa SMA Negeri 11 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang di gunakan data kuantitatif seperti angket. Sumber data primer di peroleh dari angket, sedangkan data skunder di peroleh dari jurnal. Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Pada penelitian ini yang di amati adalah game berbasis android  dalam pembelajaran biologi di sekolah. Untuk populasi dan sampel yang di gunakan yaitu seluruh siswa kelas X.1 dan X.2 SMA Negeri 11 Pekanbaru dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuisioner, dengan instrumen penelitian adalah angket yang di isi oleh siswa melalui google form. Angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang pendapat siswa mengenai game berbasis android dalam pembelajaran Biologi di sekolah. Kemudian data akan di analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian analisis data menunjukkan pada kesimpulan bahwa keinginan penggunaan games edukasi dengan android pada kriteria sangat tinggi (86%), motivasi siswa menggunggunakan games edukasi dengan android pada kategori baik (62%), dampak penggunaan games edukasi dengan android pada kategori baik  (65%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan games edukasi dengan android dalam pembelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 11 Pekanbaru tahun ajaran 2023-2024 pada kategori baik.Kata Kunci: Game edukasi, Android, Pembelajaran Biologi