PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Abstract

Tuntutan era global Partnership of 21st Century Skills yang mengidentifikasi bahwa peserta didik abad-21 harus mampu mengembangkan keterampilan yang berdaya saing. Keterampilan yang dimaksudkan adalah keterampilan untuk berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking), dalam aspek berpikir analitis dani berpikir kritis. Di Indonesia, tingkat  berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan siswa dalam menganalisis argumen, membuat kesimpulan menggunakan penalaran, menilai atau mengevaluasi, dan membuat keputusan atau pemecahan masalah.Pembelajaran biologi mempunyai karakteristik materi yang sfesifik menuntut guru untuk mempunyai sikap yang lebih kreatif dan inovatif dalam  pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang variatif. Salah satu model pembelajaran yang bisa  digunakan untuk meningkatkan keterampilan  Berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran  Biologi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan mengkaji sejumlah sumber  yang relavan terkait judul penelitian. Berdasarkan hasilliteratur review yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model Problem Based Learning terhadap meningkatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi