PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT OF LEARNING UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI VIRUS

Abstract

produk untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development dengan model 4-D yang termodifikasi menjadi Define, Design, dan Develop. Subjek uji coba merupakan peserta didik kelas X SMAN 2 Bantul tahun 2022/2023 sebanyak 70 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes sebanyak 50 item pilihan ganda dan lembar validasi. Analisis data dilakukan melalui validasi muka dan analisis validitas dan realiabilitas secara empiris menggunakan program QUEST dengan pendekatan Item Response Theory (IRT) model Rasch. Hasil penelitian ini meliputi: (1) pengembangan instrumen tes menggunakan model 4-D termodifikasi sampai Develop berdasarkan framework PISA 2018 dengan level kognitif HOTS dan (2) instrumen tes yang dikembangkan terbukti memiliki kualitas butir soal yang layak berdasarkan hasil validasi muka dengan kategori layak dan hasil penyelidikan validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir pada tingkat kesukaran item secara empiris dinyatakan valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan literasi sains pada materi virus. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan literasi sains yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan hasil expert judgement dan hasil penyelidikan secara empiris sejumlah 44 item.