PENGEMBANGAN MEDIA EDUCATIONAL GAME “BIO-MONOPOLI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SUBMATERI RANGKA DAN TULANG, MATERI SISTEM GERAK UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media educational game “Bio-Monopoli” sebagai media pembelajaran submateri Rangka dan Tulang, materi Sistem Gerak untuk siswa SMA/MA kelas XI IPA semester 1; (2) mengetahui kelayakan media “Bio-Monopoli”; dan (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan “Bio-Monopoli”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 10 tahapan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, guru, ahli media, dan siswa kelas XI IPA MAN 1 Sleman. Data dikumpulkan dengan teknik purposive random dan insidental sampling menggunakan kuesioner. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif. Data motivasi belajar siswa dianalisis dengan Wilcoxon Signed Rank Test dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media “Bio-Monopoli” yang dihasilkan sangat baik dan sangat layak ditinjau dari aspek rekayasa media, komunikasi visual, dan pembelajaran. Terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media. Kenaikan motivasi belajar termasuk dalam kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,424.Kata kunci: “Bio-Monopoli”, motivasi belajar, materi Sistem GerakAbstract