KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SD BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains aspek biologi (KBDKPSAB) pada siswa Sekolah Dasar (SD) kelas V di Kabupaten Bantul (2) ada tidaknya perbedaan KBDKPSAB siswa apabila ditinjau berdasarkan lokasi sekolah (3) keterkaitan KBDKPSAB siswa berdasarkan lokasi sekolah dengan gender (4) keterkaitan KBDKPSAB siswa berdasarkan lokasi sekolah dengan jenis pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.  Sampel sebanyak 374 siswa kelas V dari 12 SD di UPTD Bantul dan Piyungan ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes KKPSAK oleh Bambang Subali, dkk (2015) dan angket. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rerata KBDKPSAB tergolong rendah (13,80 dari 40). Tidak terdapat perbedaan KBDKPSAB siswa ditinjau berdasarkan lokasi sekolah karena rerata KBDKPSAB di UPTD Bantul dan Piyungan sama-sama tergolong kategori rendah (15,77 dan 12,78). Terdapat keterkaitan antara KBDKPS berdasarkan lokasi dengan gender. KBDKPS berdasarkan lokasi juga berkaitan dengan jenis pekerjaan orang tua.                                                                                                                 Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, lokasi sekolah