KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SD BERDASARKAN PEKERJAAN ORANG TUA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains aspek biologi siswa SD kelas VI di Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan pekerjaan orang tua serta kaitannya dengan kegiatan bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Sampel sejumlah 571 siswa kelas VI dari 12 SD di Kota Yogyakarta ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes KKPSAK oleh Bambang Subali, dkk (2013). Data pekerjaan, tingkat pendidikan, lama waktu membimbing belajar anak, penguasaan materi pelajaran oleh orang tua siswa, dan bimbingan belajar siswa diperoleh menggunakan angket. Hasil analisis menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif menunjukkan rerata skor  KBDKPS testi tergolong kategori sedang (18,72 dari total skor 40). KBDKPS kelompok siswa orang tua guru/dosen lebih tinggi dari kelompok siswa orang tua bukan guru/dosen (20,23>18,46). Baik testi bimbingan (20,31>18,58) maupun tidak bimbingan (19,60>17,34), anak guru/dosen memperoleh skor lebih tinggi daripada bukan anak guru/dosen. Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains aspek biologi, pekerjaan orang tua