IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam kesulitan belajar dan mengetahui ragam kesulitan belajar  dominan yang dialami oleh peserta didik kelas X dalam mempelajari materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data ragam kesulitan belajar yang dialami peserta didik dilakukan dengan menggunakan angket ragam kesulitan belajar dan soal tes tertulis materi Archaebacteria dan Eubacteria. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ragam kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi Archaebacteria dan Eubacteria yaitu kesulitan dalam memahami terminologi, memahami konsep, dan menuliskan nama ilmiah. (2) Ragam kesulitan belajar siswa yang dominan yaitu pada menuliskan nama ilmiah. Kata kunci : Archaebacteria dan Eubacteria, kesulitan belajar, ragam kesulitan