PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP-MOTION PADA SUBMATERI FERTILISASI UNTUK SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembagan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Metode pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan tes. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran video animasi Stop-motion pada submateri fertilisasi untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 91% dengan kategori “sangat valid,” hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori “sangat valid,” hasil validasi guru biologi mendapatkan persentase sebesar 83% dengan kategori “valid,” hasil validasi ahli evaluasi soal pretest-posttest mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori “sangat layak.” 2) Hasil kepraktisan respon siswa mendapatkan persentase 86% dengan kategori “sangat menarik.” 3) Hasil keefektifan produk dengan uji Wilcoxon diketahui Asmp.sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh secara signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk yaitu video animasi Stop-motion. Sedangkan pada uji N-gain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,62 dengan kategori “sedang,” sehingga media pembelajaran animasi Stop-motion dapat digunakan pada proses pembelajaran.