ANALISIS MISKONSEPSI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS X DI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi, macam kategori miskonsepsi, dan persentase masing-masing kategori miskonsepsi pada materi Achaebacteria dan Eubacteria dalam buku biologi SMA kelas X berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis isi. Sampel penelitian berupa tiga buku teks biologi melalui random sampling dari populasi. Objek penelitian ini adalah konsep-konsep materi Archaebacteria dan Eubacteria. Analisis miskonsepsi berdasarkan 5 kategori menurut Hershey dan dilakukan oleh tiga panelis. Uji kehandalan data menggunakan analisis uji kanonik kemudian dilanjutkan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan miskonsepsi di setiap buku pada konsep teks. Dalam buku A dan C ditemukan lima kategori miskonsepsi: undergeneralizations, obsolete concepts and term, oversimplifications, overgeneralizations, dan misidentifications, dalam buku B ditemukan tiga kategori miskonsepsi: undergeneralizations, overgeneralization, dan misidentifications. Persentase setiap kategori miskonsepsi yaitu: undergeneralizations (17,1 %), misidentifications (2,32 %), obsolete concepts and term (1,44 %), overgeneralizations (0,91 %), dan oversimplifications (0,79 %). Kata kunci: analisis isi, Archaebacteria dan Eubacteria, miskonsepsi