KEMAMPUAN LITERASI SAINS KELAS X SMA NEGERI MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TOPOGRAFI WILAYAH GUNUNGKIDUL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Negeri di Kabupaten Gunungkidul pada mata pelajaran biologi, berdasarkan gender, tempat tinggal, lokasi sekolah berdasarkan zona topografi wilayah, dan persentase peserta didik yang mencapai kompetensi literasi sains berdasarkan PISA 2015. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 351 yang berasal dari enam sekolah. Sampel sekolah diambil dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes literasi sains berdasarkan indikator PISA 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik memiliki rata-rata dalamĀ  kategori rendah, terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata skor berdasarkan gender dan lokasi sekolah berdasarkan zona topografi wilayah, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata skor berdasarkan tempat tinggal, dan persentase peserta didik yang mencapai kompetensi literasi sains tertinggi adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah.Kata kunci: kemampuan literasi sains, zona topografi wilayah, gender, tempat tinggal