ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM ASPEK SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek penilaian sikap sosial, sikap spiritual, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan kurikulum 2013 oleh guru Biologi di SMA Negeri se- Kabupaten Sleman, mengetahui teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan guru di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman, mengetahui hasil penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa oleh guru Biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sumber data penelitian adalah guru mata pelajaran biologi di SMA N se-kabupaten Sleman, dimana ada enam sekolah yang menjadi tempat peneliti memperoleh data, di setiap sekolah hanya satu guru mata pelajaran yang memberikan penilaian, instrument penilaian bersifatcek list. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif.Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) pelaksanaan penilaian aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan termasuk kategori baik, (2) pelaksananaan teknik penilaian yang digunakan guru ini termasuk dalam kategori cukup, (3) berdasakan hasil penilaian aspek sikap spiritual ternasuk dalam kategori baik, (4) berdasarkan hasil penilaian aspek sikap sosial ini termasuk dalam kategori baik, (5) berdasarkan frekuensi penilaian aspek pengetahuan ini termasuk dalam kategori baik,(6) berdasarkan hasil penilaian aspek pengetahuan termasuk dalam kategori baik, (7) berdasarkafrekuensi penilaian aspek keterampilan termasuk dalam kategori baik, (8) berdasarkan hasil penilaian aspek keterampilan ini termasuk dalam kategori baik.  Kata Kunci : Kurikulum 2013, dan Penilaian