EFEKTIVITAS LKPD DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKALPINANG

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD digital berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jenis penelitian berupa kuasi eksperimen dengan menggunakan  nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Sampel penelitian yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test dan uji Effect Sizes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD digital berbasis Problem Based Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik didasarkan pada hasil Independent T-test nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,021 < 0,05. LKPD digital berbasis Problem Based Learning cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai cohen’s d sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 73%.  Hal ini bermakna bahwa peseta didik cukup maksimal mencapai target keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan LKPD digital berbasis Problem Based Learning dalam pembelajarannya.