HARAPAN GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TERHADAP PEMBELAJARAN METODE ILMIAH BESERTA PENILAIANNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan guru biologi SMAN Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul terhadap pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh guru biologi SMAN di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan data dilakukan secara sensus dan diperoleh 59 responden guru biologi. Variabel penelitian ini yaitu harapan guru biologi SMA Negeri terhadap pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya sebagai variabel tergayut, dan lokasi sekolah sebagai variabel bebas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan harapan antara guru biologi SMAN di Kota Yogyakarta dan guru biologi SMAN di Kabupaten Gunungkidul terhadap pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada aspek keterampilan dasar (basic skill). Pada aspek keterampilan memroses (process skill) dan keterampilan menginvestigasi (investigative skill), guru SMA Negeri Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunungkidul memiliki harapan yang sama agar kedua aspek tersebut diajarkan mulai di jenjang SMA.Kata kunci: harapan guru biologi, lokasi SMA, metode ilmiah