PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REGULASI DENGAN ORIENTASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 KROYA

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas dari Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Regulasi dengan Orientasi Hasil Belajar Peserta Didik SMA N 1 Kroya. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (RnD) dengan menggunakan model 4-D. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kroya. Sampel penelitian yang diambil sebanyak satu kelas yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektivan dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berbasis model PBL (Problem Based Learning). Hasil dari lembar validasi LKPD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 91,7%. Dinyatakan sangat praktis dengan persentase 86,25%. Kemudian dikatakan efektif dengan melihat hasil perolehan N-Gain yang dihitung menggunakan SPSS didapatkan kategori efektif 78,0667% dengan nilai mean pada N-Gain score 0,7807. Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Regulasi dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai alat bantu ajar biologi. Kata kunci: LKPD; problem based learning; sistem regulasi