ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA PERINTIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) profil umum KPS peserta didik kelas X SMA perintis implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman, (b) penguasaan aspek KPS peserta didik kelas X, (c) KPS siswa kelas X ditinjau latar belakang pendidikan guru. Sampel peserta didik dan guru diambil dengan teknik cluster random sampling, yakni peserta didik kelas X MIA dan guru biologi yang terpilih. Hasil penelitian menunjukkan (a) profil KPS siswa kelas X SMA perintis implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi tergolong dalam kategori tinggi (21,98), (b) persentase penguasaan KPS paling tinggi pada aspek melakukan pengukuran (88%) sedangkan penguasaan KPS terendah ada pada aspek membuat tabel (28%), (c) terdapat perbedaan profil KPS peserta didik jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru.Kata kunci: kurikulum 2013, keterampilan proses sains, latar pendidikan guru