KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SD BERDASARKAN KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek biologi siswa kelas VI SD ditinjau dari kegiatan bimbingan belajar serta kaitannya dengan aspek gender dan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sejumlah 603 siswa kelas VI dari 18 sekolah di Kabupaten Bantul yang ditentukan secara purposive sampling. KBDKPS siswa ditunjukkan oleh skor tes tipe terbuka. Instrumen tes telah dibakukan oleh Bambang (2015). Data kegiatan bimbingan belajar, gender, dan pekerjaan orang tua siswa diperoleh menggunakan angket. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan rerata skor KBDKPS testi tergolong rendah (17,58 dari total skor 40). KBDKPS testi bimbingan belajar lebih tinggi dari testi tidak bimbingan (17,93>16,20). Pengaruh bimbingan belajar terhadap KBDKPS siswa lebih nyata pada siswa laki-laki (17,19>14,98), daripada siswa perempuan (18,60<18,74), dan pada siswa anak guru/dosen (20,78>16,67) daripada siswa bukan anak guru/dosen (17,52>16,18).Kata kunci: berpikir divergen, bimbingan belajar, keterampilan proses sains aspek biologi, siswa kelas VI SD.