HARAPAN GURU BIOLOGI SMAN KABUPATEN SLEMAN TENTANG PEMBELAJARAN METODE ILMIAH BESERTA PENILAIANNYA BERDASARKAN LAMA MENGAJAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan guru biologi SMAN Kabupaten Sleman tentang pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya berdasarkan pengalaman lama mengajar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi kelas X, XI, dan XII SMAN Kabupaten Sleman memiliki perbedaan harapan terhadap pembelajaran dan penilaian metode ilmiah. Ditinjau dari lama mengajar, antara guru yang mengajar >20 tahun dan guru yang mengajar <20 tahun. Berdasarkan kedua kelompok guru tersebut juga terdapat perbedaan harapan terhadap pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada 1) aspek keterampilan dasar meliputi subaspek keterampilan mengamati menggunakan panca indera, subaspek keterampilan mengikuti instruksi, subaspek keterampilan menglasifikasi dan 2) aspek keterampilan menginvestigasi meliputi subaspek keterampilan merancang penyelidikan.Kata kunci : harapan guru biologi, pembelajaran dan penilaian, metode ilmiah, pengalaman lama mengajar