PENYUSUNAN LKS PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah LKS pembelajaran pada materi Ekosistem layak digunakan pada siswa SMA kelas X dan mengetahui apakah LKS pembelajaran materi Ekosistem pada siswa SMA Kelas X dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Proses Penyusunan LKS ini menggunakan prosedur pengembangan bahan ajar dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE model) dengan uji coba terbatas. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru biologi serta 10 siswa SMA Negeri 1 Sewon (uji coba kelompok kecil) dan 35 siswa SMA Negeri 1 Sewon (uji coba kelompok besar), pre-test dan post-test, dan uji Paired Sample T-Test dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS Ekosistem Mangrove adalah layak untuk diproduksi dan digunakan, hal ini dapat dilihat dari ahli materi dengan rerata skor adalah 3,5 yang menunjukkan kriteria “sangat baik”. Validasi oleh ahli media mendapatkan rerata skor 3,6 yang menunjukkan kriteria “sangat baik”. Validasi oleh guru biologi mendapatkan rerata skor 3,9 yang menunjukkan kriteria “sangat baik” pula. LKS Ekosistem Mangrove yang dikembangkan setelah dianalisis data menggunakan Paired Sample T-Test adalah terdapat perbedaan secara nyata (signifikan) antara pre-test dan post-test dengan nilai probabilitas (sig.) 0,000 < α 0,05, dengan demikian maka LKS dapat diterapkan di sekolah. Perbedaan antara sebelum menggunakan LKS dan sesudah menggunakan LKS juga terlihat dari hasil belajar siswa yang meningkat dengan memanfaatkan LKS Ekosistem Mangrove. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa tentang ekosistem mangrove, antusiasme siswa saat pembelajaran menggunakan LKS, dan juga banyaknya siswa yang aktif bertanya saat pembelajaran menggunakan LKS. Kata kunci: Ekosistem Mangrove, hasil belajar, LKS.