PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS WEBMATERI PROTOZOA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SISWA KELAS X SMA DI NEGERI 1 SEWON

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap modul berbasis web materi Protozoa sebagai alternatif bahan ajar siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Sewon. Modul ini dikategorikan sebagai modul pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (ADD) yaitu tahap uji keterbacaan oleh siswa. Modul yang telah selesai disusun diuji kelayakannya oleh reviewer yang terdiri dari ahli materi, ahli media, mahasiswa peer reviewer, dan guru biologi. Masukan dari reviewer digunakan sebagai bahan perbaikan. Modul berbasis web kemudian diuji keterbacaannya oleh 15 siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sewon. Kriteria kelayakan modul berbasis web materi Protozoa dilihat dari frekuensi kategori penilaian yang paling banyak dan minimal mendapatkan penilaian dengan kriteria baik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu berupa penilaian kualitas modul dari reviewer menunjukkan bahwa modul berbasis web materi Protozoa mendapatkan modus penilaian sangat baik dan hasil uji keterbacaan oleh siswa mendapatkan tanggapan positif. Jadi modul berbasis web materi Protozoa sebagai alternatif bahan ajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sewon menurut penilaian reviewer dan tanggapan siswa dikatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul Berbasis Web, Protozoa,