PENGEMBANGAN MEDIA ISPRING PRESENTER PADA MATERI VIRUS UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan iSpring Presenter pada materi virus, mengetahui kualitas media tersebut berdasarkan penilaian dosen, mahasiswa, guru biologi, dan tanggapan siswa, dan mengetahui keefektifan media untuk melatih berpikir kritis berdasarkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian R & D dengan ADDIE Model, tetapi hanya sampai tahap development. Penilaian kualitas media dilakukan oleh kelompok reviewer I (5 orang dosen ahli dan 3 mahasiswa) dan kelompok reviewer II (2 guru biologi dan 20 siswa di SMA N 1 Depok Sleman) dengan menggunakan angket. Keefektifan untuk melatih berpikir kritis dianalisis dengan gain score ternormalisasi berdasarkan nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media tersebut memiliki kualitas yang sangat baik berdasarkan penilaian dosen, mahasiswa, guru, dan tanggapan siswa. Perhitungan gain score ternormalisasi menunjukkan keefektifan media tersebut digunakan sebagai media pembelajaran memiliki tingkatan sedang untuk melatih berpikir kritis siswa. Kata Kunci: media, iSpring Presenter, virus, berpikir kritis