IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA MENURUT KURIKULUM 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian dalam proses penilaian kompetensi pengetahuan; (2) kesesuaian antara aspek, teknik, dan instrumen penilaian kompetensi pengetahuan; (3) faktor yang menjadi kendala guru mata pelajaran biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif. Sasaran penelitian adalah guru biologi SMA N 1 Godean, SMA N 1 Pakem, SMA N 1 Prambanan Sleman. Instrumen penelitian berupa kuesioner, pedoman dokumentasi dan lembar telaah soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian masuk dalam kategori jarang dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013; (2) konsistensi penentuan aspek, teknik, dan instrumen penilaian tes tertulis yang digunakan guru biologi di SMA di Kabupaten Sleman cenderung telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013; (3) kendala guru biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013  adalah masalah waktu yang sangat terbatas. Kata kunci: Kurikulum 2013, Penilaian Kompetensi Pengetahuan