PENGEMBANGAN INSTRUMEN SENSOR DIGITAL WARNA DAUN PADA PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY FOTOSINTESIS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas dari alat pembelajaran dengan sensor digital warna daun pada pembelajaran guided discovery fotosintesis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XII  SMA N 1 Sewon. Objek penelitian  ini adalah  alat pembelajaran instrumen sensor digital warna daun. Instrumen  dalam penelitian ini berupa angket review ahli materi, ahli media, dan guru biologi, angket respon siswa, dan soal pretest serta posttest.Teknik analisis data untuk data penilaian kualitas  media  pembelajaran  menggunakan  analisis deskriptif dengan mencari modus dan uji gain score untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat pembelajaran ini ditinjau dari aspek keterkaitan dengan bahan ajar, nilai pendidikan, ketahanan alat, keakuratan alat, efisiensi alat, keamanan bagi peserta didik, dan estetika mendapatkan penilaian baik. Respon dari siswa menunjukkan respon positif. Hasil perhitungan gain score 0,412 dan tergolong sedang. Kata kunci :alat, pembelajaran, pigmen, fotosintesis, guided discovery