PENGEMBANGAN INSTRUMEN SENSOR DIGITAL WARNA DAUN PADA PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY FOTOSINTESIS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas dari alat pembelajaran dengan sensor digital warna daun pada pembelajaran guided discovery fotosintesis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 1 Sewon. Objek penelitian ini adalah alat pembelajaran instrumen sensor digital warna daun. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket review ahli materi, ahli media, dan guru biologi, angket respon siswa, dan soal pretest serta posttest.Teknik analisis data untuk data penilaian kualitas media pembelajaran menggunakan analisis deskriptif dengan mencari modus dan uji gain score untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat pembelajaran ini ditinjau dari aspek keterkaitan dengan bahan ajar, nilai pendidikan, ketahanan alat, keakuratan alat, efisiensi alat, keamanan bagi peserta didik, dan estetika mendapatkan penilaian baik. Respon dari siswa menunjukkan respon positif. Hasil perhitungan gain score 0,412 dan tergolong sedang. Kata kunci :alat, pembelajaran, pigmen, fotosintesis, guided discovery