PENYUSUNAN KAMUS ANIMALIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun, mengetahui kelayakan, serta efektivitas kamus Animalia berbasis android sebagai media belajar peserta didik kelas X SMA/MA semester II menurut pendapat ahli materi, ahli media, pendidik, teman sejawat, dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Proses penyusunan media dilakukan dengan memodifikasi model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini meliputi dosen ahli materi, dosen ahli media, guru Biologi SMA, teman sejawat, dan peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA N 1 Prambanan. Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media yang diisi oleh ahli materi, ahli media, guru Biologi, teman sejawat, angket tanggapan peserta didik terhadap kualitas media, serta lembar jawab. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Media kamus Animalia berbasis android secara umum memiliki kualitas yang baik ditinjau dari aspek isi/materi, kebahasaan, dan tampilan. Kualitas media kamus Animalia berbasis android mendapat tanggapan baik dari peserta didik. Berdasarkan nilai pretest dan posttest pada kelas uji, diperoleh nilai gain ternormalisasi sebesar 0,52 dan kelas kontrol sebesar 0,39. Jika dibandingkan nilai gain kelas uji dengan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan media kamus Animalia berbasis android di kelas uji lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media kamus Animalia berbasis android. Kata kunci : media, kamus Biologi, Animalia, android, kualitas, efektivitas