KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA IPA SISWA SD DI KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN JENJANG KELAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB) pada mata pelajaran IPA siswa SD di Kota Yogyakarta berdasarkan jenjang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian Bambang, dkk (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di DIY. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling diperoleh 1658 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI. Skor KKPSAB diperoleh dari tes yang telah divalidasi dan dibakukan oleh Bambang (2015). Data penunjang diperoleh menggunakan angket dan wawancara. Hasil analisis menggunakan statistika deskriptif menunjukkan bahwa KKPSAB siswa kelas IV tergolong rendah, sedangkan KKPSAB siswa kelas V dab VI tergolong sedang. Terdapat perbedaan KKPSAB siswa kelas IV, V, dan VI, dimana jenjang kelas yang lebih tinggi memperoleh skor KKPSAB lebih tinggi. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya keterkaitan aspek gender dan kefavoritan sekolah dengan KKPSAB siswa berdasarkan jenjang kelas. Kata kunci : Jenjang Kelas, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas