ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DALAM BUKU PELAJARAN BERDASAR KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep esensial dan konsep nonesensial; (2) penambahan, pendalaman dan perluasan konsep; dan (3) kesinambungan konsep materi sistem pernapasan manusia dalam buku pelajaran IPA/Biologi yang paling banyak digunakan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA berdasarkan kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif berupa analisis isi. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-April 2013 dengan mengambil lokasi di Kabupaten Sleman. Pemilihan buku menggunakan teknik purposive sampling. Konsep materi sistem pernapasan manusia dianalisis oleh 3 orang panelis, yang telah diuji derajat kecocokannya menggunakan Uji Kanonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep materi sistem pernapasan manusia mencakup konsep esensial dan konsep non esensial. Konsep sistem pernapasan manusia dalam buku pelajaran pada setiap jenjang, sebagian besar dinyatakan tidak berkesinambungan dengan persentase 64,05%. Buku pelajaran pada setiap jenjang mengalami perluasan, pendalaman, pengurangan, serta hilangnya konsep. Kata kunci: Buku teks, Kesinambungan konsep, Kurikulum 2013, Sistem pernapasan