PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI MIPA DI SMA BIMA AMBULU JEMBER

Abstract

Abstrak. Penelitian ini akan mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun 2023/2024. Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaitkan antara sains, teknologi, dan masyarakat pada kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent group post-test-only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan dokumentasi untuk menentukan sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat memiliki nilai rata-rata tes kemampuan berfikir kritis lebih tinggi sebesar 52,27 dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 44,73. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dengan nilai signifikansi hasil Independent Sampel T-Test sebesar 0,001.