PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR
Abstract
LKPD merupakan perangkat pembelajaran yang berupa lembaran berisi panduan untuk menuntun peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar seperti melakukan pengamatan, penyelidikan, pengukuran, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan. Namun, LKPD yang digunakan oleh peserta didik kurang sesuai dengan LKPD yang seharusnya dan hanya berisi sekumpulan pertanyaan. Materi virus menjadi materi yang dianggap rumit oleh peserta didik karena objek yang tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga LKPD bermuatan AR dapat digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran yang yang meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus, 2) mengetahui kelayakan produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus, dan 3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Namun, penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasa nsehingga hanya sampai pada tahap development. Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk LKPD bermuatan AR yang dikembangkan layak dan praktis digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan praktisi.