PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING MELALUI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku panduan tutor sebaya dalam program remedial teaching materi animalia kelas X dan mengetahui efektivitas penggunaan buku panduan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Borg dan Gall, sampai langkah ke tujuh yaitu melakukan revisi uji lapangan utama. Metode pengumpulan data dengan instrumen berupa angket dan tes. Analisis data angket menggunakan alternatif jawaban yang sering muncul (modus), sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan N-Gain dan uji dependent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian kelayakan buku panduan tutor sebaya menunjukkan bahwa kualitas buku panduan yang dikembangkan dapat dikategorikan “sangat baik”; (2) Uji N-Gain memperoleh skor 0,64, artinya penggunaan buku panduan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan klasifikasi sedang. Uji dependent T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 artinya penggunaan buku panduan tutor sebaya efektif meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: Program remedial teaching, metode tutor sebaya, buku panduan, SMA Negeri 11 Yogyakarta, animalia.