PENYUSUNAN E-KATALOG KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku yang ada di SMAN 2 Temanggung, menghasilkan e-katalog Keanekaragaman Pteridophyta yang valid, serta mengetahui penilaian guru dan tanggapan peserta didik terhadap e-katalog Keanekaragaman Pteridophyta sebagai media pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Objek penelitian berupa e-katalog Keanekaragaman Pteridophyta. Subjek penelitian yaitu 3 guru biologi dan 26 peserta didik kelas X di SMAN 2 Temanggung. Instrumen penelitian menggunakan angket penilaian guru dan tanggapan peserta didik dengan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat 18 spesies tumbuhan paku di SMAN 2 Temanggung; pengembangan media e-katalog mendapatkan skor validitas 96% dari ahli materi dan 84% dari ahli media yang termasuk dalam kategori valid; penilaian kualittas e-katalog oleh guru biologi diperoleh 96% setuju serta tanggapan peserta didik terhadap e-katalog diperoleh 99% setuju katalog ini sesuai dengan kategori penilaian. Secara keseluruhan e-katalog ini sesuai dengan kategori penilaian untuk dijadikan sebagai media pembelajaran biologi.