ANALISIS PERAN DAN PROGRAM PENDIDIKAN SEKOLAH KATOLIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI WILAYAH KEVIKEPAN KEDU

Abstract

Banyaknya kasus kenakalan remaja menjadi perhatian dalam pendidikan katolik untuk membentuk dan mengembangkan karakter yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran dan program pendidikan sekolah Katolik dalam pembentukan karakter siswa di wilayah kevikepan Kedu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang terlibat dalam pendidikan sekolah Katolik di Kevikepan Kedu, seperti orang tua, pengurus sekolah, guru, karyawan sekolah dan para murid. Subjek melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan hasil FGD tersebut dinotulensikan dan ditulis ke dalam g-form sebagai survei kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendidikan Katolik di wilayah Kevikepan Kedu memiliki peran dan program yang sangat penting dalam pembentukan karakter seperti pendidikan berbasis iman, role model guru yang baik, kegiatan retret dan live-in, pendidikan dalam menggereja, teknologi yang modern, dan kurikulum yang memadai sehingga membentuk karakter yang beriman, disiplin, bermoral, reflektif, kemampuan beradaptasi dengan teknologi, dan kompetensi pengetahuan