Pengaruh Tekonlogi Informasi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Di Provinsi Jambi)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh teknologi terhadap kepuasan nasabah. Permasalahan penelitian merujuk pada fenomena bisnis PT. Pegadaian Syariah (Persero) Tbk. Di Provinsi Jambi. permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membangun kepuasan nasabah tercapai sesuai harapan. Tujuan penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur kinerja Mutu pelayanan. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang kritis dalam konsep dan pengukuran manajemen hubungan pelanggan. Peneliti memasukan unsur Efektivitas Ragam Teknologi yang Ditawarkan, Teknologi yang Mudah Dipergunakan, Teknologi yang Tepat Guna dan Teknologi yang Berfungsi dengan Baik yang memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan metode kuantitatif dengan tujuan menguji pengaruh antar variabel yang diteliti melalui pengujian hipotesis Penelitian ini mempergunakan 110 responden dan keseluruhan responden adalah nasabah PT. Pegadaian Syariah (Persero) Tbk. Di Provinsi Jambi. Analisis data mempergunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program komputer Amos 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berdampak positip dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini melahirkan sebuah penyermpurnaan yang bersifat memperkuat justifikasi penelitian terdahulu di mana penelitian ini mengembangkan kajian pengaruh mutu pelayanan dengan memperluas kajian terhadap kepuasan nasabah.