Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Penggunaan Produk Kosmetik Halal Merek Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAI Yasni Bungo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas penggunaan Kosmetik Halal merek Wardah. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data angket (kuesioner) dan wawancara. Populasi pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling dan didapat jumlah sampel sebesar 40 responden yang ditemui saat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai f hitung lebih besar dari f tabel atau nilai f hitung sebesar 42.871 lebih besar dari nilai f tabel sebesar 2.63 , yang berarti secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel Marketing Mix ( Produk(X1), Harga(X2), Tempat(X3) dan Promosi(X4)) terhadap Loyalitas penggunaan produk Kosmetik Halal merek Wardah oleh Mahasiswi FEBI IAI Yasni Bungo. Secara parsial terlihat bahwa semua variabel bebas (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) berpengaruh terhadap loyalitas Mahasiswi, yaitu Variabel Produk (X1) sebesar 2.092 lebih besar dari t tabel 1,684, variabel Harga (X2) sebesar 2.149 lebih besar dari t tabel 1,684,variabel Tempat sebesar 2.187 lebih besar dari t tabel 1,684, dan variabel Promosi sebesar 2.215 lebih besar dari t tabel 1,684. Berdasarkan hasil yang dilihat dari koefesien beta, variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas penggunaan produk kecantikan syaraiah Wardah ialah variabel Harga yang memiliki koefesien beta sebesar 0,265 lebih besar dari koefesien beta variabel Produk dan variabel Tempat sebesar 0.257, dan variabel Promosi sebesar 0.244.