Pengaruh Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Nasabah pada Pegadaian Syariah Kampung Solok Kabupaten Bungo.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan di masa pandemi covid-19 terhadap kepuasan nasabah pada pengadaian syariah kampung Solok Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah primer dan sekunder dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari observasi, kuisioner dan data tertulis berupa laporan dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Unit Kampung Solok Kabupaten Bungo dimasa pandemi dengan pengaruh sebesar 62,3%. Pelayanan yang diberikan Pegadaian Syariah  sudah sesuai dengan harapan dan keinginan nasabah sehingga nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan di masa pandemi. Maka dari itu, penulis menyimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah di masa pandemi pada Pegadaian Syariah Unit Kampung Solok Kabupaten Bungo.