Pelaksanaan Manajemen Promosi D’besto Cabang Dharmasraya Ditinjau dari Perspektif Manajemen Syari’ah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya dan mengetahui bagaimana tinjauan manajemen syari’ah terhadap pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Penulisan ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dinalisisi dengan metode analisa deskripsif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya adalah dengan melalui bauran promosi yang terdiri dari: pertama, advertising (periklanan) menggunakan brosur, billboard (papan iklan), dan packaging (pengemasan). Kedua, Public relations (hubungan masyarakat) melalui radio dan media sosial facebook, instagram dan twitter. Ketiga, Sales promotions (promosi penjualan) dengan cara memberikan potongan harga (discount) untuk menu makanan dan minuman tertentu kepada konsumen pada waktu-waktu tertentu, seperti hari raya idul fitri atau ramadhan. Tinjauan manajemen syari’ah terhadap pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen syari’ah dengan memenuhi sembilah poin yaitu: Taqwa, Shidq (jujur), Al-‘Adl (adil), Khidmah (pelayanan yang baik), tepat janji, Al-Amanah (dapat dipercaya), Khusnudz Dzann (berbaik sangka), sportif/fair dan tidak ada risywah (suap).