Pengaruh Legalitas Usaha, Labelisasi Halal, Citra Merek dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Makanan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Giri Purno Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi terhadap tingkat penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengen jenis penelitian kuantitatif asosiatif (korelasional). Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 26 for windows. Distibusi penelitian ini berjalan normal , tidak ada gejala multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil analisis SPSS versi 26 for windows tentang uji parsial diperoleh hasil bahwa legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan secara parsial. Pada uji simultan dijelaskan bahwa legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap penjualan UMKM sebesar 11,079. Pada analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa legalitas usaha secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar 0,318, labelisasi halal secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar1,102, citra merek secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar3,029, promosi secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar2,511. Secara simultan diperoleh hasil bahwa legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi mampu mempengaruhi penjualan sebesar 88,3%.