Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Pasca Pandemic di Sungai Bengkal Menurut Ekonomi Syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi pedagang pasar tradisional sungai bengkal pasca pandemic menurut ekonomi syariah adakah perbedaan pemasaran selama masa covid dengan masa setelah covid. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan penelitian arsip-arsip secara dokumen yang ada pada pasar tradisional sungai bengkal. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh pasca pandemic terhadap pedagang pasar tradisional daerah Sungai Bengkal memberikan dampak yang besar bagi perekonomian pasar serta memberikan pengaruh yang besar terhadap pendapatan/keuntungan, modal belanja, pembeli/konsumen, harga barang, dan jumlah barang yang terjual pedagang pasar tradisional daerah Sungai Bengkal. Selanjutnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional daerah Sungai Bengkal diklasifikasikan menjadi empat yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan juga strategi promosi. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah.