Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di Masa Pandemi Covid-19 pada Unit Pegadaian Syariah Kampung Solok Kabupaten Bungo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara perubahan sistem pelayanan di masa pandemi COVID-19 terhadap terhadap kepuasan nasabah Pegadaian Syariah Unit Kampong Solok, Di Kabupaten Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian serta hasil analisis data yang diperoleh dengan SPSS 21, Metode yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel yaitu metode nonprobability sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. kesimpulan yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Unit Kampung Solok Kabupaten Bungo dimasa pandemi dengan pengaruh sebesar 62,3%.