Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di Era Society 5.0 (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungo)

Abstract

Implementasi Pendidikan Agama Islam  dilakukan dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Akhlak mulia adalah manifestasi dari keimanan yang diyakini setiap orang yakni siswa. Oleh karena itu keimanan dan ketaqwaan yang menyatu pada diri seseorang melalui perwujudan karakternya yang akan menghindarkan dari perbuatan-perbuatan yang bersifat buruk, merusak, dan membahayakan masyarakat serta merusak citra persatuan dan kesatuan masa depan bangsa di era Society 5.0  yang diiringi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Metodologi penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif deskritif. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah bahwa Kurikulum PAI sangat penting diterapkan di sekolah umum dan merupakan pondasi dalam mengantarkan kepribadian siswa yang mulia, dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran PAI serta cara yang digunakan dan segenap kegiatan yang dilakukan oleh guru agama untuk membantu seorang atau sekelompok siswa dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam atau menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam kedalam diri siswa. Maka dari itu perlu diimplementasikan kurikulum Pendidikan Agama Islam  di Sekolah umum agar karakter Islami peserta didik dapat terjamin dengan baik yakni yang berakhlak mulia, karena akhlak adalah manifestasi dari keimanan yang diyakini setiap siswa.