Penerapan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam bentuk aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 25/II Muara Bungo. Pemecahan masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 25/II Muara Bungo adalah dengan penerapan model talking stick. Setelah diterapkan model talking stick aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS meningkat. Penelitian ini dilakukan dua siklus terhadap 21 0rang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator. Dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat Aktivitas dan Hasil belajar dinyatakan dengan nilai tertinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model talking stick dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajara siswa pada pembelajaran IPS dikelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo. Hal ini terlihat dalam penelitian yang menunjukan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berjumlah 21 orang siswa, 4 orang perempuan dan 17 orang laki-laki telah melampaui indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% siswa meningkat aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran. Presentase aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sebesar 66,66% dengan katagori cukup baik. Selanjutnya, pada siklus II persentase aktifitas dan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 19%, yaitu mencapai 90’47% dengan katagori baik. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, maka penerapan model tallking stikc pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II “ yang telah diterapkan telah tercapai dan rumusan masalah yang menyatakan “Apakah dengan model talking stick dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II dan apakah dengan model talking stick dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II “ telah terpecahkan.