Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Visual di Kelas III SDN 119 Rimbo Bujang Tahun 2020

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model dalam penelitian ini adalah model kemmis and mc Tagard yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunaklan dua siklus, satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif, dimana teman sejahwat bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SDN. 119/VIII Tirta Kencana Rimbo Bujang dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN. 119/VIII Tirta Kencana Rimbo Bujang melalui media buah kertas. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan wawancara serta dokumentasi, tes dilakukan setiap akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan presentasi siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media buah kertas dalam pembelajaran matematika dengan cara siswa mempraktekkan sendiri cara menghitung perkalian sesuai dengan jenisnya, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN. 119/VIII Tirta Kencana Ribo Bujang. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan presentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan presentase KKM siswa secara klasikalyaitu 25%, pada siklus I presentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 50%, yang berarti terjadi peningkatan sebanyak 25%dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II presentase KKM siswa secara klasikal yaitu 80%yang berarti terjadi peningkatan 30% dari siklus I dimana presentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas III SDN.