Penerapan Metode Eksperimen Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.191/II Bukit Kemang Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan metode Eksperimen pada materi pengenalan diri dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam Swasta Nailul Ikhsan Sungai Arang. serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Nailul Ikhsan Sungai Arang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. nilai yang diperoleh siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nailul Ikhsan Sungai Arang hanya 40% siswa yang mencapai KKM yang ditentukan dari sekolah yaitu 65 atau lebih dari 65, pada siklus 2 nilai rata-rata kelas adalah 69,5 yaitu lebih besar dari siklus 1 yaitu hanya 62,5 hal ini terlihat dari hasil setiap siswa yang mengalami ketuntasan sesuai dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 65.