Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Penelitian Tindakan di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Mujawwidin Kelas V Kecamatan Rimbo Bujang
Abstract
Penerapan metode eksperimen pada materi pokok materi perubahan sifat-sifat benda di kelas V MI Raudhatul Mujawwidin merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang terdiri dari 2 siklus.Sebelum siswa melakukan tindakan, peneliti memberikan pre-test dengan maksud untuk mengukur tingkat pemahaman awal siswa, peneliti juga memberikan post-test untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap akhir siklus.Selain itu peneliti juga menggunakan instrumen observasi dan wawancara, untuk mengetahui tingkat keefektifan aktivitas peneliti dan siswa dalam pembelajaran.Hasil penelitian penerapan metode eksperimen ditemukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat-sifat kelas V MI Raudhatul Mujawwidin. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata pre-test siswa dari 57,65 menjadi post-test siklus I menjadi 69,70 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 67%. Pada siklus II menjadi 87,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91% yang berarti persentase ketuntasan belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 70%. Data hasil observasi peneliti dan observasi siswa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda di kelas V MI Raudhatul Mujawwidin. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I27 dengan persentase 60%, sehingga pada siklus II menjadi 33 dengan persentase ketuntasan belajar 73,33 %. Rata-rata observasi peneliti pada siklus I adalah 48 dengan persentase 73,85%, sampai pada siklus II menjadi 58 dengan persentase 89,23%.