Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Alat Peraga Torso pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas V SD. 26/II Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada tema udara bersih untuk kesehatan di kelas V SDN 26/II tanam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan alat peraga batang tubuh bertema udara bersih di kelas V SDN 26/II tanah tumbuh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan alat peraga batang tubuh dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 26/II tanam tanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 26/II yang bertambah sebanyak 19 siswa. dimana terdapat 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dokumentasi. Setelah menerapkan alat peraga torso motivasi belajar siswa meningkat. Setelah data diperoleh dan dianalisis, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa meningkat pada tema udara bersih untuk kesehatan sekolah dasar 26/II Tanah tumbuh sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: 1) Sebelum tindakan motivasi untuk belajar siswa kelas V SD Negeri 26/II pertumbuhan tanah masih rendah yaitu 2,8. 2) Setelah dilakukan tindakan pertama motivasi belajar siswa kelas V SDN 26/II tanah tumbuh dengan menggunakan alat peraga batang tubuh meningkat menjadi 3,6 dan 3) setelah tindakan berbicara pada siklus II motivasi belajar siswa kelas V SDN 26/II tanahnya bertambah menjadi 4,5.