Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horey di Sekolah Dasar Negeri 30/VIII Wirotho Agung

Abstract

Pembelajaran tematik yang masih menggunakan model yang kurang variatif membuat motivasi belajar siswa masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Tema Makanan Sehat Menggunakan Model Pembelajaran Horey Course Review Di SDN 30/VIII Wirotho Agung Tahun 2020-2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Dan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Sedangkan teknik wawancara dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan setelah pembelajaran untuk mengetahui respon siswa. Dan teknik dokumentasi sebagai sumber data berupa foto digunakan untuk memperkuat data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Course Review Horey pada tema Makanan Sehat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 30/VIII Wirotho Agung. Rata-rata hasil observasi motivasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 53,5% pada kategori kurang mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 71,9% pada kategori cukup dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 93,4% pada kategori sangat baik . Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklusnya mengalami peningkatan hasil motivasi belajar siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.